Selasa, 04 Oktober 2016

Fungsi Manajemen di Perusahaan


Fungsi-fungsi manajemen adalah syarat utama bagi suatu perusahaan agar dapat berjalandengan baik. POAC ( Planning, Organizing, Actuating, Monitoring & Controlling ) adalah komponen-komponen penting tersebut. Untuk lebih jelasnya saya akan memaparkan fungsi-fungsi manajemen melalui suatu perusahaan.

1. Planning

Di dalam Ilmu Manajemen  Planning atau Perencanaan adalah tahap awal berdirinya suatu perusahaan mencakup :

 - Penentuan Visi dan Misi perusahaan
 - Menentukan Strategi dan Taktik yang diaplikasikan pada pelaksanaan kerja.
 - Mengalokasikan dan Menentukan Sumber Daya yang diperlukan
 - Menetapkan standar dan indikator keberhasilan suatu usaha


2. Organizing

Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem danlingkungan orgnanisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalamorganisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan dengan baik.


3. Actuating

Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran yang sesuai dengan perencanaan manejerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating artinya menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau dengan kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan. Actuating adalah Pelaksanaan untuk bekerja. Untuk melaksanakan secara fisik kegiatan dari aktivitas tesebut, maka manajer mengambil tindakan-tindakannya kearah itu. Seperti : Leadership (pimpinan), perintah, komunikasi dan conseling (nasehat).



4. Controlling

Pengawasan manajemen adalah suatu usaha sistematik untuk menetapkan standar pelaksanaan dengan tujuan-tujuan perencanaan, merancang sistem informasi umpan balik, membandingkan kegiatan nyata dengan standar yang telah diterapakan sebelumnya, menentukan dan mengukur penyimpangan­penyimpangan, serta mengambil tindakan koreksi yang diperlukan untuk menjamin bahwa semua sumber daya perusahaan digunakan dengan cara paling efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan perusahaan.


Langkah-Langkah dalam Kontrol

Dalam proses pengendalian (kontrol) dibutuhkan langkah-langkah seperti berikut ini :

- Menentukan standar-standar yang akan digunakan menjadi dasar pengendalian
- Mengukur pelaksanaan atau hasil yang telah dicapai
- Membandingkan pelaksanaan atau hasil dengan standar dan menentukan penyimpangan bila ada
- Melakukan tindakan perbaikan, jika terdapat penyimpangan agar pelaksanaan dan tujuan sesuai dengan rencana.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar