Rabu, 26 Juli 2017

Perbedaan Organisasi Zaman Dahulu dan Sekarang

Sejarah organisasi di indonesia pada zaman penjajahan adalah 

Organisasi militer  yaitu organisasi yang dikhususkan untuk melakukan pertahanan secara militer guna mempertahankan wilayah Indonesia, misalnya prajurit tentara. Dalam organisasi ini, pelatihan kemiliteran sangat ditekankan.


Organisasi semi militer adalah organisasi yang tidak dikhususkan untuk melakukan pertahanan secara militer, namun lebih bersifat ke keamanan dan ketertiban serta kecenderungan untuk kesejahteraan rakyat. Pelatihan dibidang kemiliteran tetap ada, namun tidak begitu ditekankan.



Organisasi Masa Kini


Budaya organisasi adalah keseluruhan kepercayaan (beliefs) dan nilai-nilai (values) yang tumbuh dan berkembang dalam suatu organisasi, menjadi dasar berpikir, berperilaku dan bertindak dari seluruh insan organisasi, serta diturunkan dari satu generasi ke generasi insan organisasi tersebut.Meski telah disadari bahwa budaya organisasi bersifat dinamik dan pluralistic, perdebatan tentang apakah budaya organisasi dapat di-manage dan dikendalikan masih terjadi. Pandangan pertama yang diwakili oleh Gagliardi menyatakan bahwa budaya organisasi dapat di-manage dan dikendalikan. Argumentasi yang digunakan adalah bahwa budaya organisasi merupakan komponen illusive yang menyatu dalam diri setiap orang pada dataran yang paling mendasar (alam bawah sadar), sehingga untuk merubah budaya organisasi membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang bagaimana alam bawah sadar terbentuk dan berfungsi serta memungkinkan akan menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan.Pandangan kedua menyatakan bahwa budaya organisasi dapat di-manage dan dikendalikan. Pandangan ini terpecah menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu pendapat bahwa perubahan budaya organisasi sangat bergantung kemauan para eksekutif dan pendapat yang mengatakan bahwa perubahan hanya mungkin dilakukan jika memenuhi syarat-syarat tertentu, misalnya kondisi-kondisi yang memungkinkan terjadinya perubahan budaya organisasi.  Sementara ada pandangan yang lebih moderat dalam mensikapi terjadinya perdebatan ini, yaitu pandangan yang tidak mempertentangkan apakah budaya organisasi dapat di-manage dan dikendalikan ataukah tidak, tetapi lebih menekankan tentang bagaimana, kapan dan dalam keadaan apa sebaiknya budaya organisasi diubah. Diantara kondisi lingkungan yang memerlukan perubahan antara lain terjadinya krisis organisasi, pergantian kepemimpinan dan pembentukan organisasi baru.Peranan budaya organisasi ini dapat sebagai daya dorong yang efektif dalam mencapai tujuan sesuai visi dan misi organisasi. Budaya organisasi yang efektif dilaksanakan dalam suatu organisasi dapat: 
a) Menyatukan cara berpikir, berperilaku dan bertindak seluruh insan organisasi.
b) Mempermudah penetapan dan implementasi visi, misi dan strategi dalam organisasi, 
c) Memperkuat organisasisama tim dalam organisasi, menghilangkan friksi-friksi internal yang timbul, 
d) Memperkuat ketahanan dalam menghadapi tekanan-tekanan eksternal. Organisasi remaja saat kini seperti , organisasi / perkumpulan skate , perkumpulan dance , perkumpulan dalam bidang olah raga dan lain lain .



Sumber:
this HTML class. Value is http://sukasukaalda.




 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar