Selasa, 06 Juni 2017

Analisis Organisasi Two Way Traffic


Contoh organisasi yang menggunakan two way traffic adalah organisasi PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga)

A. One Way Traffic

Komunikasi satu arah yang artinya komunikasi ini terjadi jika seseorang yang mengirim berita tidak bermaksud menerima umpan balik (respon) dari orang yang menerima secara langsung.
Contoh : Perintah atasan ke bawahan

B. Two Way Traffic

Komunikasi yang terjadi antara seseorang dengan orang lain dimana kedua belah pihak sama - sama aktif dalam memberikan tanggapan, komunikator, dan komunikan sama - sama aktif merespon, berinteraksi, dan bereaksi.
Contoh : Hubungan antara sesama teman atau karyawan dalam tingkatan struktur yg sama

Macam-Macam Komunikasi yang di terapkan di Organisasi PKK adalah :

A. Komunikasi Langsung

Komunikasi yang dilakukan dalam penyampaian berita, laporan maupun perintah antara si pengirim berita (komunikator) kepada si penerima berita (komunikan) dilakukan secara langsung, respon atau umpan balik diterima pada saat itu juga.

B. Komunikasi Tidak Langsung

Penyampaian berita tidak dilakukan secara langsung hanya melalui orang lain ataupun secara tertuli dengan menyebarkan selebaran tentang jadwal posyandu yg akan di laksanakan.

C. Komunikasi Formal

Komunikasi yang dilakukan antara sesama anggota organisasi disesuaikan dengan urutan atau tingkatan dalam struktur organisasi. Kalau disampaikan dari atasan ke bawahan biasannya dalam bentuk perintah dan apabila dari bawahan ke atasan biasannya berbentuk laporan.

D. Komunikasi Informal

Aliran komunikasi yang terjadi antara sesama karyawan dalam suatu organisasi disebut dengan " The Grapevine " biasannya disebarkan melalui desas - desus atau kabar angin dari mulut ke mulut.
Saluran Komunikasi FormalA. Aliran Vertikal

Aliran ini mencakup seluruh transaksi yang meliputi aliran informasi ke bawah maupun ke atas yang terjadi antara atasan dan bawahan dalam suatu organisasi.
Aliran Komunikasi Vertikal Ke Bawah Dapat Berbentuk :1. Rantai perintah
2. Desas - desus
3. Serikat pekerja
4. Plakat dan papan nama
5. Majalah dan perusahaan
6. Surat pada karyawan
7. Buku petunjuk karyawan
8. Kontak Informasi
9. Sistem pengeras suara
10. Kertas terima gaji
11. Laporan tahunan
12. Pertemuan kelompok

Gerakan informasi ke atas melalui tingkatan - tingkatan hirarki organisasional paling sering berbentuk umpan balik pelaksanaan kerja dan secara mendasar dihubungkan dengan fungsi pengawasan. Secara lebih rinci Aliran komunikasi vertikal ke atas dapat berbentuk :

1. Kontak tatap muka
2. Pertemuan kelompok
3. Daftar pertanyaan kerja
4. Surat susulan
5. Pemberian saran
6. Wawancara
7. Mata - mata karyawan
8. Serikat pekerja
9. Desas - desus
10. Kebijakan pintu terbuka

B. Horizontal (Lateral)

Komunikasi ini mencakup seluruh penyampaian informasi yang mengalir secara lateral dalam suatu organisasi yaitu komunikasi antara bagian kelompok kerja yang sama tingkatan atau kelompok yang mempunyai kedudukan status atau derajat.

C. Aliran Diagonal

Aliran ini mencakup seluruh transmisi antara aliran vertikal dan horizontal contohnya adalah bagaimana terjadi interaksi antara manajer dengan para anggota staff dan unit - unit pelayanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar